Manfaat Mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam



Manfaat Memperlajari Sejarah Kebudayaan Islam
            Sejarah merupakan hal yang membosankan untuk dipelajari itu adalah yang dulu pernah penulis rasakan. Harus menghafal nama-nama yang sangat banyak, tahun-tahun kejadian yang membuat kepala pusing. Bukan hanya itu mempelajari sejarah juga sangat membosankan dan membuat ingin tidur. Tapi semua terasa berbeda setelah ada mata kuliah Sejarah Kebudayaan Islam dan Kebudayaan Lokal. Sejarah adalah yang asyik untuk dikaji. Dengan mempelajari sejarah kita akan menegtahui asal muasal dari peristiwa yang ada di jaman sekarang. Bagaimana perkembangan ilmu itu terjadi. Dari yang dulu orang barat belajar ke Negara islam samapai sekarang semua menjadi terbalik.
            Setiap hal itu pasti ada masanya, roda itu pasti berputar itu suatu yang paling membuat berkesan setelah mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam. Membahas setiap dinasti dan kerajaan yang setiap kerajaan memiliki masa keemasan dan kemundurannya. Setelah mengetahui hal ini maka kita harus siap dalam menghadapi situasi hidup bagaimanapun itu. Siap mengahadpi hidup saat kita berada dibawah maupun diatas.
            Dengan Sejarah juga mengajari tentang bagaimana kita belajar dari kesalahan yang sudah pernah terjadi dengan itu kita tidak akan mengulangi kesalahan itu. Sejarah juga mengajari tentang kejayaan sebuah kerjaan itu tidak luput dari raja yang memimpin. Pada masa keemasan sebuah kerjaan itu memiliki raja yang tagguh dan berkepribadian yang kuat. Sepertihalnya kita jika ingin sukses dalam hidup ini maka bagaimana kita bisa menjadi orang yang berkepribadian kuat dan selalu berusaha dengan optimis.
            Berbedayaan kebudayaan disetiap dinasti meski masih dalam lingkup dinasti islam membuat saya membuka mata saat melihat perbedaan. Bahawa perbedaan itu tidak harus kita salahkan tapi sebaliknya perbedaan adalah hal yang bisa membuat kita saling memahami. Meski islam bersumber yang sama tapi islam disetiap dinasti ini memiliki corak yang berbeda, kenepa hal itu bisa terjadi? Karena sebelum islam ada disebuah daerah, daerah itu sudah memiliki kebudayaan, yang mana kebudayaan setiap daerah itu berbeda-beda.
            Ilmu dalah hal yan penting sehingga dalam setiap dinasti kemajuan ilmu pengetahuan perlu diketahui. Raja yang memperhatikan tenetng kemajuan ilmu penegetahuan memiliki nilai plus. Terputusnya ilmu membuat kemunduran diberbagai sektor disebuah peradaban. Seperti yang kita rasakan sekarang. Islam memiliki masa kejayaan disama ilmu penegtahuan islam juga dipuncak kejayaan. Karena dengan ilmu kita bisa mengelola sistem pemerintahan yang baik, ekonomi yang baik, kesehatan yang baik.
            Lebih bisa bersyukur dalam keadaan apapun, setelah melihat perjuangan Nabi Muhammad dalam menyebarkan islam. Begitu banyak orang yang memusuhi dan ingin membunuh nabi. Menyadarkan saya bahwa kesulitan yang kita alami tidak ada bandingannya daripada kesulitan yang nabi Muhammad alami. Dihina, dicacimaki, dilempar kotoran, samapi diusir dari tanah kelahiran beliau.
                        Lebih bisa membuka mata dan hati dalam menilai sebuah hal yang kadang terlihat salah di luar tapi kadang itu ada kebenaran yang tersimpan. Seperti yang terjadi pada kisah menantu nabi Muhammad yaitu Ali bin Abi Thalib yang dituduh kafir karena tindakan KKN beliau. Belajar sikap mengalah hasan dan Husain dalam hal kekuasaan untuk menjaga perpecahan di umat islam. Ini adalah hal sanagat membuat hati ini miris dan terenyuh. Karena mengalah belum tentu kalah. Kekersan tak harus dibalas dengan kekerasan. Keserakahan tak harus dibalas dengan keserkahan. Karena setelah kita membalas dengan sama maka permusuhan tak akan bisa behenti.
                        Dan yang terakhir dengan mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam membuat penulis memahami arti  pentingnya sejarah untuk memahami suatu hal dari berbagai sisi bukan dari satu sisi saja.

Komentar